Senin, 05 November 2012

Usaha Percetakan


A.  GAMBARAN UMUM BENTUK USAHA
Bentuk usaha percetakan atau print out, merupakan bentuk usaha kecil yang banyak ditemukan di sekitar kawasan lembaga-lembaga yang berhubungan dengan administrasi, seperti dinas-dinas, ataupun lembaga pendidikan seperti Sekolah ataupun Perguruan Tinggi. Bentuk bisnis ini cukup menarik untuk dikembangkan ataupun dilaksanakan karena kebutuhan manusia yang sering ada ketika harus melengkapkan administrasi ataupun bentuk karya tulis yang bersifat cetakan.
Usaha ini hanya membutuhkan peralatan kantor yang sederhana yang kerap dapat ditemukan dalam berbagai instansi. Seperti halnya laptop atau komputer dan printer, dan alat tambahan lainnya seperti kertas, hackter, penjept kertas, tinta, dan lain-lainnya yang berhubungan dengan cetak-mencentak. Berbicara modal ataupun awal dari pemebentukan usaha ini kisaran dana yang dibutuhkan diperkiran sampai dengan Rp 5.000.000,-. Dengan mengadakan semua peralatan yang disebutkan di atas.
Hal ini  merupakan bentuk dasar dari setiap orang untuk mendapatkan peghasilan dari kebutuhan dari beberapa orang yang memang sangat membutuhkan. Di sisi lain kita membantu orang lain, di sisi lainpun kita bisa mendapatkan keuntungan yang mungkin bisa mencukupi kebutuhan kita.
Berdasarkan data yang diperoleh daripengusaha yang lain yang telah menjalankan usaha ini, mereka menjawab hasil yang ada cukup memuaskan dan cukup untuk membiayai kebutuhan hidupnya. Kisaran keuntungan yang didapatkan berkisar dari Rp 100.000,- sampai dengan Rp 500.000,- per harinya.
Di kawasan sekitar Kec. Tanete Riattang Timur, tepatnya di Kab. Bone. Terlihat kurangnya akses usaha yang bersifat seperti ini, apalagi disekitar kawasan ini sangat banyak orang-orang yang ingin dan butuh akan adanya bentuk jasa ini. Sebagai langkah awal, memberikan bentuk rancangan bentuk usaha kecil ini, perlu harus terus dikembangkan.

B.  ANILISIS SWOT USAHA PERCETAKAN PRINT OUT
STRENGHT (KEKUATAN/KELEBIHAN)
1.      Bentuk usaha ini sangat familiar dan sangat dibutuhkan dikawasan perkantoran dan sekolahan
2.      Usaha ini cukup berkembang apalagi dengan menawarkan harga yang minim, membuat pelangan merasa nyaman dan merasa lebih ekonomis.
3.      Usaha ini bisa bertahan lama karena semua orang setiap hari pasti membutuhkan yang berkaitan dengan hal-hal yang bersifat administrasi.
WEAKNESS (KELEMAHAN)
1.      Banyaknya pesaing yang lebih mendominasi pada masalah harga ataupun tarif.
2.      Pemahaman orang-orang yang masih kurang mengenai usaha ini.
OPPORTUNITY (PELUANG)
1.      Usaha ini bisa berkembang menjadi percetrakan yang bersifat meluas jika sudah mulai diketahui semua golongan dan lapisan masyarakat.
2.      Menjadi bentuk usaha yang mampu memberikan lapangan kerja juga kepada orang-orang yang masih pengangguran.
THREAT (ANCAMAN)
1.      Banyaknya pemahaman orang yang selalu mengikuti usaha yang tren, atau usaha yang terkenal atau yang laku pada saat itu.
2.      Selalu banyak bentuk penyampaian yang salah dengan kemudahan yang diberikan oleh penyedia jasa ini, seperti dengan harga yang mahal, atau waktu yang lama.

C.  DAMPAK USAHA
Pastinya ketika kita mendirikan usaha, ada berbagai dampak yang akan terjadi tapi secara umumnya kebanyakan dampak positif yang akan timbul ketika jasa usaha yang dibuat mulai bisa digunakan, antara lain:
1.      Memberikan kemudahan kepada manusia dalam menjalankan segala kegiatan dan aktivitasnya.
2.      Memberikan keringanan dalam lingkup financial apabila bentuk usaha ini memiliki tarif yang minim, apalagi tarif yang ada di sekitar kawasan Kec. Tanete Riattang Timur, menarik tarif yang mahal, yang membuat konsumen, jarang menggunakan jasa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar