Senin, 05 November 2012

PENGARUH TEKNOLOGI DI SEKITAR LINGKUNGAN PERUMNAS TIBOJONG, KABUPATEN BONE


PENGARUH TEKNOLOGI DI SEKITAR LINGKUNGAN PERUMNAS TIBOJONG, KABUPATEN BONE
A.  Gambaran Pengaruh Teknologi     
Teknologi bukanlah hal yang baru, yang hadir di dalam kehidupan masyarakat, tapi ini merupakan hal yang sangat sering dijumpai di seluruh lapisan dan golongan manusia, sebagaimana pengertian teknologi yang kita pahami, teknologi adalah perpaduan antara ilmu dan pengetahuan yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia sehari-hari.
            Pemahaman ini kemudian hadir untuk memberikan pengetahuan kepada manusia bahwa teknologi hadir sebagai alat dan sarana untuk mempermudah hidupnya. Seketika itu juga para manusiapun berlomba-lomba untuk mengahdirkan banyak terobosan dan bentuk karya baru yang dapat dinikmati dan digunakan dalam kehidupan manusia.
            Sejauh ini teknologi, sudah berhasil memberikan fungsi yang baik dan juga pengaruh-pengaruh yang baik sesuai dengan kegunaannya, tapi kadang pula terjadi bentuk pelanggaran yang tak terlihat yang dilakukan beberapa orang untuk menyalahgunakan teknologi sebagai alat untuk merugikan orang lain.
            Berbicara tentang pengaruh teknologi, umumnya memang memberikan kemudahan keseluruh penjuru dunia. Seperti yang ada pada daerah saya yang terletak di kompleks Perumnas Tibojong, tepatnya Kab. Bone. Teknologi yang sudah berpengaruh sudah mulai banyak berdatangan antara lain:
1.      Teknologi komunikasi, seperti Handphone, Telephone.
2.      Teknoogi Informasi, seperti Internet, Media (TV, Radio,).
Perkembangan teknologi di daerah saya sudah cukup berkembang dengan masuknya internet dan jaringan-jaringan penghubung lainnya seperti pesawat telepon. Sejauh ini penggunaannya sangat populer digunakan, bahkan menjadi hal pokok dalam setiap aktivitasnya di berbagai tempat, seperti disekolah, ataupun dirumah. Perkembangannya dapat dilihat dengan beberapa hal berikut:
1.    Penggunaan handphone, sudah banyak diminati dan sudah banyak orang yang mengtahui bagaimana penggunaan dan fungsinya, itu dapat dilihat dengan mudah ketika beberapa orang sedang melakukan  komunikasi dengan orang lain, yang jaraknya terbilang jauh. Penggunaan Handphone sudah digunakan oleh berbagai usia, mulai dari usia 7-60 tahun.
2.    Pemanfaatan Internet, beberapa golongan juga memakai ini untuk mempermudah memperoleh akses informasi dengan cepat. Internet ini diperhatikan hanya beberapa orang saja yang bisa menggunakannya, hal ini disebabkan karena hanya beberapa orang saja yang memahami cara menggunakannya, dan juga hanya beberapa orang yang memiliki kemampuan  financial untuk membeli dan mendapatkan alat yang dapat mengakses internet.



B.  Dampak Teknologi
Dalam penggunaan tekhnologi informasi dan komunikasi ini, kadang di setiap pelaksanaannya, memberikan dampak yang positif dan negatif ketika memanfaatkan teknologi ini. Tapi perkiraan yang ada pastinya lebih banyak pangaruh positif ketimbang negatifnya. Dan dari pengamatan saya adapun dampak positif yang diberikan oleh perkembangan teknologi dan informasi di daerah saya ini, antara lain sebagai berikut:
a.    Memberikan kemudahan dalam setiap kegiatan manusia, khususnya penggunaan komunikasi dan akses informasi yang ada pada lingkungan sekitar daerahku.
b.    Membuat setiap orang tidak merasa ketertinggalan berita dan informasi.
c.    Memudahkan manusia untuk terhubung dengan kerabat ataupun sahabat dalam menyampaikan pesan.
d.   Melancarkan aktivitas manusia dalam memperoleh kebutuhan hidup sehari-hari.
e.    Dan lain-lain, yang memberikan efektifitas dan efisiensi dalam kehidupan manusia.
Adapun dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan teknologi yang bisa saja merugikan orang lain:
a.       Kemudahannya, membuat manusia malas untuk berusaha.
b.      Memberikan manusia, kemudahan dalam melakukan kejahatan.
c.       Manusia kadang melalikan waktunya hanya untuk menikmati teknologi.

C.  Teknologi Yang Tertinggal dan Saran Agar Tidak Tertinggal
Teknologi yang tertinggal masih rancu dan tidak terlalu dibutuhkan oleh beberapa masyarakat, tapi perlu untuk lebih memberikan kesan kemudahan dalam proses kegiatan manusia, antara lain:
1.    Teknologi informasi, antara lain jaringan Wi-Fi.
2.    Komunikasi, seperti teknologi yang sangat berkembang saat ini, antara lain smartphone.
Saran agar teknologi-teknologi tidak tertinggal antara lain:
a.    Setidaknya pemerintah hadir dalam garis depan agar memberikan peningkatan teknologi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
b.    Ilmu dan pengetahuan tentang teknologi harusnya lebih ditanamkan kepada setiap person, agar nantinya tidak tercipta masyarakat yang gagap akan teknologi.
c.    Masyarakat lebih memberikan pemahaman pada dirinya bagaimana pentingnya teknologi dalam era globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar